Alamat Kantor Area

Perum Grand Tembalang Regency Blok D4, No.5, Semarang
Telp.(024) 70864864 ; Fax. (024) 7460109
Wellcome to Kantor Area Primagama Semarang dan Sekitarnya | http://mfsemarang.blogspot.com |

Selasa, 09 Oktober 2012

Hasil Penelitian Jadi Tiket Masuk PT

Selasa, 09 Oktober 2012
JAKARTA - Hasil penelitian siswa SMA dapat dijadikan sebagai tiket untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi supaya dapat dikembangkan sehingga menghasilkan produk yang berguna.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, kebijakan tersebut bertujuan untuk memberikan jalan bagi siswa SMA yang memiliki potensi luar biasa di bidang penelitian sekaligus membangun budaya meneliti di lingkungan sekolah.

”Hasil penelitian siswa-siswi itu kita kembangkan sehingga kita harap mereka bisa punya tiket atau kredit poin untuk masuk ke perguruan tinggi. Itu sebagai wujud penghargaan kita kepada para calon peneliti muda,” ujar Nuh di sela-sela pembukaan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI), di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kemarin.

Pada Tahun Ajaran 2013/2014 Nuh mengaku akan menggelontorkan bantuan operasional sekolah menengah (BOSM) yang dapat digunakan untuk membiayai penelitian para siswa.

”BOSM itu bisa dimanfaatkan untuk penelitian, tapi sangat tergantung pada sekolah masing-masing. Kita tidak akan menetapkan. Kalau ditetapkan, bagi sekolah yang belum tumbuh tradisi penelitiannya kemudian dipaksakan, bisa tidak bagus. Tapi bagi yang sudah, dana itu bisa dimanfaatkan,” ungkap mantan Rektor ITS itu.
Dengan begitu, lanjut dia, semangat untuk meniliti mulai ditumbuhkan sejak SMA. ”Dengan adanya hal tersebut kela siswa akan berlomba-lomba untuk membuat penelitian. Sayang kalau tidak dibangun sejak dini,” ujar Nuh.

Rp 4,9 Triliun

Terkait dengan besaran dana BOSM, pemerintah telah menganggarkan 4,9 triliun untuk tahun 2013. Adapun besarannya satu juta rupiah per siswa per tahun. Jumlah siswa jenjang pendidikan menengah yang akan menerima dana BOSM 11 juta anak, terdiri atas 9 juta siswa di bawah Kemdikbud dan 2 juta siswa di bawah Kementerian Agama.
”BOSM akan diluncurkan pada Tahun Ajaran 2013/2014 dengan jumlah total 4,9 trilun karena hitungannya satu semester. Tapi pada 2014 sudah penuh satu juta rupiah per siswa per tahun,” ujar Nuh.
Direktur Jendral Pendidikan Menengah Kemdikbud Hamid Muhammad menjelaskan, dana BOSM itu dapat digunakan untuk penelitian. Namun dia tidak mengalokasikan secara khusus, berapa persen dari BOSM tersebut yang digunakan untuk penelitian.

”Sebagian dari BOS itu bisa untuk menunjang penelitian di sekolah-sekolah. Bagi siswa yang berprestasi dalam penelitian, kita siapkan beasiswa,” kata dia.
Dia berharap ada inisiatif dari sekolah-sekolah untuk mendorong siswanya terjun ke dunia penelitian. ”Sekarang masih terbatas sekolah-sekolah tertentu yang concern terhadap penelitian. Kita akan dukung penuh,” pungkas Hamid.

Suara Merdeka, 10 Oktober 2012

0 komentar:

Posting Komentar

 

Komentar / Pesan Disini..


ShoutMix chat widget

Anda Pengunjung ke _

Magasing

Magasing
Belajar matematika gampang, asik, dan menyenangkan?Bergabung saja dengan Primagama!

Fisitaru

Fisitaru
Belajar fisika tanpa menghapal banyak rumus. Ayo lekas gabung bersama Primagama!!

DMI

DMI
Deteksi Bakat

Voucher Suara Merdeka

Voucher Suara Merdeka
Ayo!!! buruan datang ke PRIMAGAMA terdekat!

PRIMAGAMA

PRIMAGAMA

Alamat kantor PRIMAGAMA Semarang

Alamat kantor PRIMAGAMA Semarang